Kegiatan Digital Labs

 Digital Labs

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Halo semuanya! Perkenalkan saya Indira Aisyah Putri yang biasa dipanggil Dira dari kelas 7F absen 18. Disini saya ingin menceritakan kegiatan yang saya lakukan, yaitu Digital Labs. Digital Labs dilaksanakan pada Hari Selasa, 29 Oktober 2020.Digital Labs adalah kegiatan dimana kita dapat mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan teknologi di masa sekarang. Pada masa pandemic ini, kita pastinya banyak melakukan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Maka dari itu, Digital Labs adalah kegiatan yang bermanfaat karena kita dapat mempelajari bagaimana menggunakan teknolgi yang dapat menghasilkan manfaat.



Pada pukul 06.45 saya memasuki zoom angkatan yang sudah diberikan oleh guru kelas, saat itu sudah ada banyak orang yang menunggu di zoom, dimulai dari kelas 7, 8, 9, kepala sekolah SMP Labschool, guru-guru, dan masih banyak lagi. Tepat pada pukul 07.00 kegiatan dibuka oleh pembawa acara yang merupakan kakak OSIS, lalu dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah SMP Labschool Jakarta, yaitu Pak Asdi Wiharto dan sambutan ketua BPS. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama-sama.

Setelah pembacaan doa, dilanjutkan dengan ceramah umum oleh Ka Zahrina Amelia yang dipanggil Ka Zahrina. Kegiatan ceramah umum diawali dengan menonton video yang ditayangkan oleh Ka Zahrina. Setelah tayangan video, Ka Zahrina juga memberikan materi yang berjudul Menjadi Pribadi yang Baik dan Teman yang Baik saat Pandemi Berjalan. Isi dari materi tersebut ada yang menjelaskan pertumbahan kita menjadi remaja, berkomunikasi yang baik, bersikap yang baik kepada guru, dan masih banyak lagi. Ka Zahrina juga menjelaskannya dengan jelas dan mudah dimengerti. Setelah penjelasan, Ka Zahrina juga mengadakan kuis melalui aplikasi quizizz. Semuanya wajib mengikuti kuis tersebut, dan pemenangnya akan mendapat hadiah berupa voucher, kita juga dapat memilih voucher yang ingin didapat. Tapi sayangnya, saya tidak dapat menjadi pemenangnya karena saya salah dua, sehingga saya mendapat peringkat 12. Yang menjadi pemenangnya dari kuis tersebut adalah Navia Nariswary dari kelas 7F absen 26. Setelah kuis berakhir, waktu untuk kegiatan ceramah umum juga berakhir. Kegiatan ceramah umum memiliki banyak manfaat. Terdapat pelajaran yang bisa kita petik dari kegiatan ceramah umum.

Setelah kegiatan ceramah umum berakhir, kita diberikan waktu untuk istirahat dimulai dari pukul 09.30 hingga pukul 10.00. Saat istirahat kita dapat merelaksasikan mata, makan cemilan, ataupun aktivitas istirahat lainnya.

Pukul 10.00 saya memasuki zoom kelas untuk acara selanjutnya, yaitu Digital Labs. Saat Digital Labs kita belajar mengenai coding, membuat aplikasi kesehatan. Saat membuat aplikasi, kita dibimbing oleh Ka Sutan. Aplikasi kesehatan yang saya buat, saya beri nama Healthy Steps yang artinya Langkah sehat. Untuk membuat aplikasi kesehatan, Ka Sutan meminta kita untuk mendownload aplikasi yang bernama Kodular Companion. Setelah itu, Ka Sutan membimbing kami langkah-langkah membuat aplikasinya dengan menggunakan laptop ataupun komputer. Setelah membuat aplikasi, Ka Sutan juga membantu kami cara untuk memprogam aplikasi yang dibuat. Setelah kami memprogam aplikasi tersebut, kita dapat mendesainnya sesuai keinginan kita dengan merubah warna tampilan aplikasi dan masih banyak lagi. Kemudian, jika kami sudah selesai mendesainnya Ka Sutan juga membantu bagaimana cara untuk menguji coba aplikasi yang dibuat menggunakan HP. Hasil dari aplikasi yang dibuat, dapat dikirimkan ke email Clevio dan aplikasi dengan desain terbaik mendapatkan hadiah. 

                                             

                                    

                                    Hasil desain aplikasi kesehatan yang saya buat.



Sekian dari saya dan mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih.

Wassalamualaikum warahmtullahi wabarakatuh.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 3 - Algoritma

AMI - Alumni Menginspirasi

Digital Labs 2021