Rangkuman Bab 3 - Algoritma

Nama    :               Indira Aisyah Putri

Kelas     :               7F

Absen   :               18

 

Algoritma dan Pemrograman

Dalam ilmu komputer, penerapan algoritma merupakan langkah yang dilakukan sebelum membuat suatu program. Algoritma merupakan langkah yang dilakukan sebelum menyelesaikan masalah.

 

A. Algoritma

Algoritma ditemukan oleh ilmuwan Timur Tengah zaman peradaban Islam bernama Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi. Algoritma merupakan sebuah konsep. Oleh karena itu, setiap orang memiliki algoritma yang berbeda saat menyelesaikan masalah. Konsep algoritma diselesaikan secara sistematis, logis, dan bisa diuji benar atau salahnya.


Ibnu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-khwarizmi.

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari :

  •   Mencangkok tanaman
  •   Membuat telor mata sapi

Sebuah program komputer merupakan implementasi atau penerapan suatu algoritma. Dengan kata lain, algoritma merupakan ide dibalik program komputer. Contoh algoritma adalah membuka lembar kerja baru Excel 2016.

  • Pilih program Microsoft Excel 2016
  • Pilih template file
  • Setelah menentukan template, klik enter

Contoh algoritma lain adalah langkah-langkah menyalakan laptop.

  •     Tekan tombol power
  •    Tunggu sampai system operasi siap digunakan
  •   Pilih program yang akan digunakan

Algoritma memiliki ciri penting dan sifat penting. Ciri penting tersebut adalah:

  • Memiliki input
  • Membutuhkan proses
  • Merupakan pola pikiran dan pola logis yang menghasilkan output
  • Memiliki intruksi yang jelas
  • Memiliki stopping role

Adapu sifat pentingnya adalah:

  •  Tidak menggunakan symbol pemrogaman tertentu
  •  Tidak tergantung pada bahasa pemrogaman
  •   Notasi yang digunakan algoritma adalah universal, sehingga bisa digunakan pada seluruh bahasa pemrograman

Penyajian algoritma dituangkan ke dalam algoritmik. Beberapa jenis algoritmik, yaitu kalimat deskriptif, flowchart, dan pseudocode. Notasi kalimat deskriptif adalah langkah algoritma dengan bahasa yang jelas. Notasi flowchart adalah langkah algoritma dalam sebuah bagan dengan simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses dalam suatu program. Adapun notasi pseudocode adalah kode yang digunakan untuk menulis algoritma dengan cara bebas dengan bahasa pemrograman tertentu.

B. Flowchart

Flowchart adalah sebuah gambar atau diagram yang memiliki aliran satu atau dua arah yang berlaku secara berurutan. Fungsi utamanya adalah menggambar rencana program berdasarkan pola pikir kita berdasarkan algoritma. Flowchart dapat membantu melihat rangkaian progam secara keseluruhan.

1.     Simbol-Simbol Flowchart

 

Flowchart memiliki symbol tersendiri dari setiap notasi. Diantaranya adalah:

> Terminator menggambarkan awal atau akhir suatu proses.

>  Proses.

Data menggambarkan kegiatan masukan atau keluaran yang dihasilkan.

Decision menggambarkan keputusan yang harus diambil pada kondisi tertentu.

Predefine proses menggambarkan proses yang masih dijabarkan.

> Line conector menghubungkan simbol dengan simbol lainnya dihalaman yang sama.

> On-page menghubungkan simbol dengan simbol lainnya dihalaman yang sama.

> Off-page reference menghubungkan simbol dengan simbol lainnya dihalaman yang berbeda.



2.     Jenis-Jenis Flowchart

a. Flowchart sistem

b. Flowchart Dokumen

c. Flowchart Skematis

d. Flowchart Program

e. Flowchart Proses

3.     Penggunaan Algoritma dan Flowchart dalam program

1. Membuat algoritma dan Flowchart luas segitiga

2. Membuat Algoritma dan Flowchart luas persegi panjang

    C.    Pemrograman Menggunakan Dev C++




Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer disebut program. Contoh bahasa komputer adalah pascal, basic, C, C++.

Bahasa C dibuat oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie. Bahasa C berkembang menjadi C++. Bahasa C merupakan bahasa prosedural, sedangkan C++ menggunakan konsep pemrograman beriontasi objek atau Object Oriented Programming.

    1. Instalisasi Dev C++
Cara mudah untuk menggunakan Dev C++ : 
> Download aplikasi Dev C++
> Lakukan instalisasi agar aplikasi tersebut menempel di komputer.

   2. Area Kerja pada Dev C++
Beberapa jendela di area Dev C++ :

a. Title bar, baris judu yang menampilkan nama file project.
b. Menu bar, baris menu yang memiliki 10 menu utama, masing-masing memiliki submenu dan perintah lengkap. 
c. Toolbar, funsinya untuk menyimpan, mengcopy, menambah menu tampilan program, dan mengatur tampilan. 
d. Toolbar builder, berfungsi menjalankan atau mengexecute program dibuat

    3. Dasar-Dasar penggunaan Dev C++

a. Membuat Lembar Kerja Baru (File Editor/New File)
    Lembar kerja baru merupakan tembat untuk menulis program. Cara untuk membuat lembar kerja baru, klik File > New > Source File atau tekan Ctrl + N. Contohnya kita akan membuat program Hello Word, langkah-langkahnya adalah:
1. Ketika di file #include<studio.h> 
2. Ketik int main () 
3. Mulai koding dengan tanda { 
4. Ketik printf ("Hello Word")

b. Menyimpan Lembar Kerja
Untuk menyimpan hasil kerja, klik File > Save > Isi Nama File atau dapat menekan Ctrl + Save > Isi Nama File.

c. Melakukan Compile Program (Menerjemahkan Program)
Proses compile adalah proses menerjemahkan dari bahasa manusia ke bahasa yang dipahami komputer. Untuk melakukan compile program, klik Execute > Compile.

d. Menjalankan Program (Dengan Rule)
Proses run adalah proses menerjemahkan program, proses linking, membuat file eksekusi, dan menjalankan program. Untuk menjalankan program, klik Execute > Run.

e. Menjalankan Program (Dengan Compile & Run)
Proses Compile & Run digunakan untuk menjalankan program juga akan dicek apakah terdapat kesalahan di program. Langkah-langkanya klik Execute > Compile & Run.

    4. Membuat Program Sederhana
a. Menentukan Luas Persegi Panjang
b. Menentukan Luas Segitiga



                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 3 - Algoritma

AMI - Alumni Menginspirasi

Digital Labs 2021