Kegiatan Maulid Nabi, BULBA, dan LOKETA

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo semuanya! Saya Indira Aisyah Putri dari kelas 7F absen 18. Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti kegiatan Maulid Nabi, BULBA (Bulan Bahasa), dan LOKETA (Lomba Keterampilan agama). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Senin, 26 Oktober 2020 melalui aplikasi zoom.

Pada pukul 06.45 WIB saya memasuki zoom yang sudah diberikan oleh guru wali kelas masing-masing. Saat memasuki zoom, sudah ada banyak participant yang menunggu dari kelas 7, 8, 9, serta bapak / ibu guru. Setelah memasuki zoom, tidak lupa saya absen melalui elabscloud seperti biasa. Guru-guru juga mengingatkan siswa-siswi untuk me-rename namanya dengan Kelas_Absen_Nama lengap. Tidak lupa saya menggunakan virtual background yang sudah diberikan.

Kegiatan Maulid Nabi pun dimulai pada pukul 07.00 WIB. Diawali dengan pembukaam dari MC oleh kakak OSIS Gardhiwara, dilanjutkan oleh sambutan ketua POMG dr. Deny, sambutan kepala sekolah Pak Asdi Wiharto, dan terakhir sambutan dari ketua BPS Prof. Dr. Sofyan Hanif. Setelah itu, kegiatan Maulid Nabi dilanjutkan dengan Tilawah dan sari tilawah oleh kakak Rohis. Tidak hanya itu, kegiatan Maulid Nabi juga dilanjutkan dengan ceramah dari Ustad Usaid Fatahurrahman.

Kegiatan Maulid Nabi pun berakhir pada pukul 08.20 ketika ceramah dari Ustad Usaid Fatahurrahman selesai. Setelah itu, guru-guru memberitahukan siswa-siswi untuk istirahat hingga pukul 08.50. 


Saat pukul 08.20, kegiatan BULBA dan LOKETA pun dimulai. Untuk memeriahkan acara BULBA dan LOKETA diadakan bermacam-macam lomba. Lomba pada kegiatan LOKETA ada menulis kaligrafi, MTQ, membuat komik, adzan, Da’I dan Da’iyah, juga tahfidz. Sedangkan lomba pada kegiatan BULBA ada debat, puisi, e-poster, pidato, fotu, dan cerpen.


Siswa yang mengikuti lomba memasuki zoom yang sudah diatur, sedangkan siswa yang tidak mengikuti lomba akan menjadi suporter teman-temannya. Saya mengikuti lomba cerpen mewakili kelas saya bersama dengan Azita Faizah Azhar. Saat memasuki zoom, kita diingatkan oleh kakak OSIS untuk me-rename format nama dengan Cerpen_Kelas_Nama lengkap. Setelah itu, kakak OSIS memberitahukan peraturan-peraturan lomba yang harus ditaati. Seperti, posisi kamera HP harus memperlihatkan badan dan PC / Laptop yang digunakan, siswa diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan cerpen, cerpen yang sudah diselesaikan dikumpulkan ke google classroom dengan nama file Cerpen_Kelas_Nama lengkap, serta jenis font dan ukuran font yang digunakan.

Pukul 09.00 lomba cerpen pun dimulai. Tema yang diberikan secara spontan adalah pahlawan pendidikan, kesehatan bumi, dan persatuan dalam keberagaman. Untuk menulis cerpen kita menggunakan Microsoft Word dengan judul menggunakan font Times New Roman ukuran 14 dan isi cerpen menggunakan Font Times New Roman ukuran 12. Tema yang saya gunakan untuk lomba adalah persatuan dalam keberagaman.

Saya harus berpikir keras untuk menulis cerpennya, karena tidak ada satupun ide yang muncul dari kepala saya. Awalnya saya ingin menulis cerpen dengan tema kesehatan bumi, tapi tidak jadi karena saya bingung apa yang ingin saya tulis. Setelah 30 menit saya memikirkan ceritanya, akhirnya saya mulai menuliskannya ke word. Setelah cerpen sudah selesai, saya mengumpulkannya ke google classroom pukul 10.25. Kemudian, peserta yang sudah mengumpulkan cerpennya diperbolehkan menonton lomba debat. Saya menonton lomba debat saat sudah di babak semifinal. Attara sebagai perwakilan dari kelas saya berhasil lolos ke babak semifinal. Saya yang menontonnya sangat takjub dengan peserta-peserta yang berhasil lolos ke semifinal. Sayangnya saat pengumuman final Attara tidak lolos. Yang lolos ke final semuanya dari kelas 9. Saat final lombanya semakin menjadi seru. Saat waktu sudah hampir pukul 12.00 babak finalnya pun berakhir. Pengumumannya akan disampaikan melalui ig sekolah pada Hari Senin tanggal 2 November.

 


Itu saja yang dapat saya ceritakan mengenai pengalaman saya mengikuti Maulid Nabi, BULBA, dan LOKETA. Mohon maaf bila ada kesalahan, terimakasih.



                                  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 3 - Algoritma

AMI - Alumni Menginspirasi

Digital Labs 2021