Rangkuman dan Evaluasi Bab 1 - Perangkat Informatika

Nama:    Indira AIsyah Putri

Kelas/Absen: 7F/18


A. Mengenal lebih dekat perangkat informatika

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu mencakup beberapa bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi., ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Komputer berasal dari kata Bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sekarang kompter adalah perangkat alat elektronik yang dapat menerima data, memperoses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.

Perkembangan komputer sebelum tahun 1940

Dahulu manusia masih menggunakan jari untuk menghitung 1 hinggga 10. Setelah itu, manusia mulai mengenal angka yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas mulai 0 hingga 9. Kemudian berkembang lagi dengan menghitung menggunakan abakus (sempoa). Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung mekanika pertama yang beroperasi dengan menggerakkan gir-gir pada roda. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh Wiliam Leibnitz.


Tahun 1816 Charles Babbage membuat alat yang disebut 'The Difference Engine' yang dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika. Charles Babbage kemudian membuat balat yang disebut 'The Analytical Engine'. Kedua alat tersebutlah yang menjadi cikal bakal komputer modern saat ini.

Perkembangan komputer setelah tahun 1940
a. Generasi pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vacum (Vacuum tube) yang digunakan untuk memperoses dan menyimpan data. Tabung vacum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vacum cepat panas dan mudah terbakat. Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang besar, sehingga mirip dengan komputer induk (main frame). Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electrenonic Numerical Integrator and Calculator) yang dibuat oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.


b. Generasi kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vacum walaupun keduanya mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, terdapat cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Kecepatan komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingka tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Contoh komputer generasi kedua, yaitu DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.


c. Generasi ketiga (1964-1980)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di satu tempat. Komputer generasi ketiga mulai menggunakan IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Contoh komputer generasi kedua, yaitu Apple II, IBM PC, dan NEC PC.


D. Generasi keempat (1980-sekarang)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/Chip untuk mengolah dan menyimpan data. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnhya adalah PC (Personal Cmputer). Bahasa pemrogaman yang digunakan komputer generasi keempat adalah BASIC dan Pasca;l. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop. 

e. Generasi kelima
Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena masih merupakan inmpian masa depan. Komputer generasi kelima diperkirakan memiliki kepintaran tersendiri. Sifat luar biasa komputer disebut sebagai kecerdasan buatan atau artifical intelegent.

Sejarah Komputer.

Evaluasi

1. Komputer berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya
   
    A. To compute
    B. To computar
    C. To computer
    D. To commuter

2. Sejarah Perkembangan komputer dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu

    A. Perkembangan komputer sebelum tahun 1942
    B. Perkembangan komputer sebelum tahun 1940
    C. Perkembangan komputer sesudah tahun 1950
    D. Perkembangan komputer sesudah tahun 1952

3. Ilmuwan yang menemukan  telepon pertama kali adalah

    A. Alexander Graham Bell
    B. Blaise Pascal
    C. Zworykin
    D. David sarnoff

4. Di bawah ini yang merupakan alat hitung jaman kuno adalah

    A. Sempoa
    B. Handphone
    C. Ipad
    D. Kalkulator

5. Ilmuwan yang menciptakan mesin hitung mekanika pertama adalah

    A. Alexander Graham Bell
    B. Blaise Pascal
    C. Zworkyn
    D. David sarnoff

6. Ilmuwan yang menemukan  komputer  pertama kali adalah

    A. Alexander Graham Bell
    B. Blaise Pascal
    C. Charles Babbage
    D. David sarnoff

7. Pengolahan data komputer generasi pertama menggunakan

    A. Integrated Circuit
    B. Tabung vakum
    C. Transistor
    D. Vacum tube

8. Komputer generasi kedua terjadi pada tahun

    A. 1980-1990
    B. 1964-1980
    C. 1959-1964
    D. 1940-1959

9. Komputer generasi kedua terjadi pada tahun

    A. 1980-1990
    B. 1964-1980
    C. 1959-1964
    D. 1940-1959

10. Pengolahan data komputer generasi ke empat  menggunakan

    A. Integrated Circuit
    B. Tabubg vakum
    C. IC/Chip
    D. Mikro prosesor

1. Sebutkan pengertian Informatika
    Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

2. Sebutkan pengertian komputer
    Komputer berasal dari kata Bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung.

3. Jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940
    Dahulu manusia masih menggunakan jari untuk menghitung 1 hinggga 10. Setelah itu, manusia mulai mengenal angka yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas mulai 0 hingga 9. Kemudian berkembang lagi dengan menghitung menggunakan abakus (sempoa). Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung mekanika pertama yang beroperasi dengan menggerakkan gir-gir pada roda. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh Wiliam Leibnitz.Tahun 1816 Charles Babbage membuat alat yang disebut 'The Difference Engine' yang dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika. Charles Babbage kemudian membuat balat yang disebut 'The Analytical Engine'. Kedua alat tersebutlah yang menjadi cikal bakal komputer modern saat ini.

4. Jelaskan aspek-aspek yang terdapat  pada  ruang lingkup informatika
     a. Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi

 b.Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh

  c.Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.

  d.Sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.

  e.keamanan informasi ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.

 f. Informatika sosial yang mengkaji aspek sosial dari TIK dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik sosial/kemasyarakatan.

5. Jelaskan perkembangan komputer sesudah tahun 1940

    Komputer generasi pertama menggunakan tabung vacum (Vacuum tube) yang digunakan untuk memperoses dan menyimpan data. Komputer generasi kedua menggunakan transistor. Komputer generasi ketiga mulai menggunakan IC. Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/Chip untuk mengolah dan menyimpan data. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. 

B. Mengenal lebih dekat perangkat keras komputer

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang sangat penting. Komponen komputer yang dapat kita lihat secara fisik, dapat dipegang ataupun dipindahkan disebut perangkat keras komputer atau disebut hardwareKomputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pemakai komputer (brainware).

Perangkat keras Komputer dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata datum yang berarti fakta (kenyataan). Data dapat berupa Simbol-simbol, gambar-gambar, huruf, angka-angka. Perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan (input device), perangkat keras pemroses (processor), dan perangkat keras keluaran (output device).

 Perangkat keras masukan atau Input device yaitu peralatan yang digunakan untuk  memasukan data dan program dalam bentuk data digital. Peralatan input yang umum digunakan: Keyboard, Mouse, Scanner, Microphone, Webcame (web camera).

Perangkat keras pemrosesan atau Process device adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait secara bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Contohnya adalah CPU. CPU (Central Prosesing Unit) adalah alat proses  yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam  komputer. CPU terdiri dari tiga bagian fungsional: ALU (Arithmetic Logical Unit), CU (Control Unit), Register. Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalahMotherboard, Processor, Memory, Hardisk.

Perangkat keras keluaran atau Output device yaitu peralatan yang berfungsi untuk  menampilkan data, instruksi dan informasi  dalam bentuk teks, grafik atau gambar. Beberapa peralatan output yang umum digunakan antara lain: Monitor, Printer, Speaker, Proyektor.


Evaluasi

1. Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik, dapat dipegang atau di pindahkan disebut

    A. Braiware
    B. Software
    C. Hardware
    D. Harddisk

2. Di bawah ini yang termasuk komponen komputer yang harus ada di sebuah komputer, kecuali

    A. Proyektor
    B. CPU
    C. Motherboard 
    D.  Memory

3. Bagian keyboard yang terdiri atas tombol angka yang berfungsi sebagai kalkulator adalah

    A. Function Keys
    B. Typing Wrter
    C. Kontrol Keys
    D. Numeric Keyboard

4. Perangkat komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan seluruh rangkaian system komputer disebut

    A. Memory
    B. Processor
    C. Mouse
    D. Motherboard 

5. Tombol pada keyboard yang kegunaannya untuk mengubah semua huruf yang diketik menjadi huruf besar adalah

    A. Tombol pause 
    B. Tombol enter
    C. Tombol escape
    D. Tombol capslock

6. Alat yang fungsinya menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan data melalui objek lain sebagai media penerima pancaran adalah

    A. monitor
    B. printer
    C. scanner
    D. proyektor

7. Hardware yang digunakan untuk bermain game adalah

    A. scanner
    B. joystick
    C. sound card
    D. printer

8. Satuan ukuran memori berikut yang nilainya paling kecil adalah

    A. 1 Megabyte
    B. 1 Gigabyte
    C. 1 Kilobyte 
    D. 1 Terabyte

9. Perangkat komputer yang mempunyai fungsi mirip dengan mesin fotokopi adalah

    A. scanner
    B. mouse
    C. keyboard
    D. tuas kontrol 

10. Di bawah ini perangkat yang berfungsi sebagai otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain  sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya adalah

    A. harddisk
    B. memory
    C. motherboard
    D. processor

1. Bagian komputer yang merupakan otak komputer adalah?
    Processor adalah komponen komputer yang merupakan otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya.

2. Tombol apa saja yang merupakan tombol-tombol khusus pada keyboard?
    1. Delete. Delete digunakan untuk menghapus huruf dari depan ke belakang.

    2. Page up. Page up digunakan untuk menggerakkan layar ke atas tanpa menggunakan mouse.

    3. Page down. Page down digunakan untuk menggerakkan layar ke bawah tanpa menggunakan mouse

    4. Insert. Insert digunakan untuk mensisipkan karakter pada posisi kursor.

    5. Print screen. Print screen digunakan untuk mengcapture tampilan layar

    6. Pause break. Pause break biasanya digunakan pada sistem operasi DOS yang berungsi untuk menghentikan tampilan program berbasis text.

    7. End. End digunakan untuk memindahkan kursor pada baris paling belakang.

3. Sebutkanlah istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan mouse

    1. Point : menunjuk dengan mouse dengan objek tertentu. 

    2. Click : menekan satu kali tombol mouse sebelah kiri. 

    3. Double click : menekan dua kali tombol mouse sebelah kiri (agak cepat). 

    4. Right click : menekan satu kali tombol mouse sebelah kanan

4. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan alat pemindai

Pemindai (scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

5. Alat penyimpan data yang menggunakan teknologi USB adalah?

Diska lepas USB atau dikenal juga sebagai kandar kilas USB atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.

C. Mengenal lebih dekat dengan perangkat lunak

Perangkat lunak atau peranti lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. 

Ada 3 Jenis perangkat lunak, yaitu sebagai berikut :

o    Perangkat lunak sistem operasi (operation system), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer. Contoh perangkat lunka sistem operasi, yaitu Windows, UNIX, LINUX, dan VMS.

o    Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer. Contoh perangkat lunak bahasa, yaitu Visual Basic, Delphi, dan C++.

o    Perangkat lunak paket (package software), yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh software house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat umum atau standar.Contoh perangkat lunak paket, yaitu Ms Word yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dan Ms Excel yang digunakan untuk mengolah berupa angka-angka atau grafik.

Fungsi-fungsi software tersebut antara lain sebagai berikut:


o    Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi system operasi atau system pendukung

o    Software sebagai penghubung antara software software yang lain dengan hardware

o  Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama

o Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware

o   Mengidentifikasi program


 

Macam-macam Perangkat Lunak 


1.    Perangkat Lunak Berdasarkan Sumber

a.    Close Source

Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

b.    Open source

Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program dari perangkat lunak tersebut tersedia.


2.    Perangkat Lunak Berdasarkan Lisensi

a.    Freeware

Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Contoh : Photoscape, smadav, winamp, ccleane, OpenOffice.org Writer, tag scanner, zone alarm free firewall, irfanview, avira, opera.

b.    Shareware

Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Contoh: Winrar, idm, microsoft office, coral draw, style xp, nero, real player mtuner, splitter movie, winzip, mirc.

c.    Commercial Software

Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, atau kepada rekan pengembang software. Contoh commercial software adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Microsoft Windows 7, Microsoft Visual Basic NET.

3.    Perangkat Lunak Berdasarkan Perangkat 

a.   Desktop

Komputer meja (desktop computer) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel.

b.   Mobile Computing

Mobile computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. 

c.   Cloud Computing.

cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Evaluasi

1. Pengertian dari perangkat lunak adalah

   A. Suatu 
kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya
    B. Alat atau mesin yang dirancang untuk menerima data
    C. Perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik
    D. Perangkat yang dapat meneluarkan gambar dan suara

2. Yang merupakan jenis perangkat lunak adalah

    A. Operation system
    B. Input device
    C. Output device
    D. Brainware

3. Pengertian dari language system adalah

    A. Progam yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer
    B. Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer
    C. Perangkat lunak yang dibuat oleh software house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat umum atau standar
    D. Perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik

4. Pengertian dari operation system adalah

    A. Perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik
    B. Program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer
    C. Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer
    D. Perangkat lunak yang dibuat oleh software house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat umum atau standar.

5.  Fungsi perangkat lunak adalah

    A. Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware
    B. Sebagai mencetak suatu data
    C. Alat atau mesin yang dirancang untuk menerima data
    D. Perangkat yang dapat meneluarkan gambar dan suara

6. Perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras computer, perawatan, maupun pemrogramannya disebut

    A. Program aplikasi
    B. Bahasa pemrograman 
    C. Perangkat lunak sistem
    D. Utility Program 

7. Software yang source codenya tidak dibuka untuk umum adalah

    A. Input source
    B. Door source
    C. Open source
    D. Close source

8. Perangkat lunak yang  disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan adalah

    A. Close source
    B. Door source
    C. Open source
    D. Input source

9. Perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal adalah

    A. Commercial software
    B. Sharewere
    C. Freewere
    D. Openwere

10. Komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel adalah

    A. Mobile computing
    B. Cloud computing
    C. Desktop computing
    D. Close computing

1. Sebutkan pengertian dari softwere
    Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. 

2. Jelaskan jenis-jenis dari perangkat lunak

1. Software Sistem

Adalah software yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen yang terpasang pada mesin komputer. Contohnya: Microsoft Windows XP

2. Software Bahasa Pemrograman

Adalah software yang berfungsi sebagai compiler atau interpreter (penerjemah). Contohnya: HTML (Hypertext Markup Language).

3. Software Aplikasi

Ialah software yang digunakan untuk menangani bidang tertentu. Contohnya: Microsot Office Word 2007.

4. Software Utility

Ialah software yang berfungsi untuk membantu kinerja sistem operasi. Contohnya: Avira.

3. Jelaskan fungsi dari softwere

Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama. Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware.

4. Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari close source

Kelebihan :

a) Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi

b) Linux stabil.

c) Linux open source. source code yang disertakannya

d) Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protocol keamanan yang sangat aman.

e) Linux cepat dan jalan terus (keep on running), tidak harus restart saat selesai install aplikasi.

f) Banyak dukungan dan dokumentasi. Linux dan komunitasnya menyediakan milyaran dokumentasi (Read me, HOWTO, Guide Manual,Info)

g) Linux menjunjung tinggi kemerdekaan tiap orang untuk berkreasi.

h) Bebas Virus. Linux itu merupakan like-Unix, dan Unix itu bebas virus.

Kekurangan :

a) Pengoperasi yang sulit.

b) Linux mengeluarkan banyak Distro sehingga membuat user bingung.

c) Tidak ada Game Linux berkualitas sama dengan Game Windows.

d) Masih minimnya Dukungan Hardware dan Driver.

e) Software yang digunakan tidak tersedia di Linux

5. Sebutkan perbedaan antara freewere dengan commercial softwere

Commersial software atau software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersil. Bagi setiap pengguna yang ingin menggunalan software tersebut, ia harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Bisa langsung kepada pengembang software yang mebuatnya. Penguna yang menggunakan software berbayar tersebut, biasanya tidak diilegalkan atau tidak diperbolehkan menyebarluaskan ulang software tersebut.

Contoh software berbayar seperti Adobe Photoshop, Corel, Dsb.

sementara

Freeware atau software geratis merupakan software yang memiliki hak cipta, namun Bagi pengguna yang ingin menggunaka sofware tersebut, dapat diunduh secara geratis dan tanpa batas waktu. Freeware berbeda dengan sheware, sheware mewajibkan bagi para pengguna untuk membayar dalam jangka waktu percobaan atau untuk. Memperoleh fungsi tambahan dari software tersebut. para pengembang perangkat tersebut biasanya membuat perangkat geratis freeware "untuk disumbangkan kepada suatu komunitas" namun developer aplikasi tersebut tatap ingin mempertahankan hak dan memiliki kontrol luas terhadap pengembangan selanjutnya.

contoh aplikasinya seperti Mozilla Firefox.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 3 - Algoritma

AMI - Alumni Menginspirasi

Digital Labs 2021