Rangkuman dan Evaluasi Bab 1 - Perangkat Informatika
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
Nama:Indira AIsyah Putri
Kelas/Absen: 7F/18
A. Mengenal lebih dekat perangkat informatika
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu mencakup beberapa bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi., ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.
Komputer berasal dari kata Bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sekarang kompter adalah perangkat alat elektronik yang dapat menerima data, memperoses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.
Perkembangan komputer sebelum tahun 1940
Dahulu manusia masih menggunakan jari untuk menghitung 1 hinggga 10. Setelah itu, manusia mulai mengenal angka yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas mulai 0 hingga 9. Kemudian berkembang lagi dengan menghitung menggunakan abakus (sempoa). Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung mekanika pertama yang beroperasi dengan menggerakkan gir-gir pada roda. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh Wiliam Leibnitz.
Tahun 1816 Charles Babbage membuat alat yang disebut 'The Difference Engine' yang dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika. Charles Babbage kemudian membuat balat yang disebut 'The Analytical Engine'. Kedua alat tersebutlah yang menjadi cikal bakal komputer modern saat ini.
Perkembangankomputer setelah tahun 1940
a. Generasi pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vacum (Vacuum tube) yang digunakan untuk memperoses dan menyimpan data. Tabung vacum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vacum cepat panas dan mudah terbakat. Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang besar, sehingga mirip dengan komputer induk (main frame). Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electrenonic Numerical Integrator and Calculator) yang dibuat oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.
b. Generasi kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vacum walaupun keduanya mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, terdapat cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Kecepatan komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingka tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Contoh komputer generasi kedua, yaitu DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.
c. Generasi ketiga (1964-1980)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di satu tempat. Komputer generasi ketiga mulai menggunakan IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Contoh komputer generasi kedua, yaitu Apple II, IBM PC, dan NEC PC.
D. Generasi keempat (1980-sekarang)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/Chip untuk mengolah dan menyimpan data. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnhya adalah PC (Personal Cmputer). Bahasa pemrogaman yang digunakan komputer generasi keempat adalah BASIC dan Pasca;l. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop.
e. Generasi kelima
Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena masih merupakan inmpian masa depan. Komputer generasi kelima diperkirakan memiliki kepintaran tersendiri. Sifat luar biasa komputer disebut sebagai kecerdasan buatan atau artifical intelegent.
Sejarah Komputer.
Evaluasi
1. Komputer
berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya
A. To compute
B. To computar
C. To computer
D. To commuter
2. Sejarah
Perkembangan komputer dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu
A. Perkembangan komputer sebelum tahun 1942
B. Perkembangan komputer sebelum tahun 1940
C. Perkembangan komputer sesudah tahun 1950
D. Perkembangan komputer sesudah tahun 1952
3. Ilmuwan
yang menemukantelepon pertama kali
adalah
A. Alexander Graham Bell
B. Blaise Pascal
C. Zworykin
D. David sarnoff
4. Di
bawah ini yang merupakan alat hitung jaman kuno adalah
A. Sempoa
B. Handphone
C. Ipad
D. Kalkulator
5. Ilmuwan
yangmenciptakan mesin hitung
mekanika pertama adalah
A. Alexander Graham Bell
B. Blaise Pascal
C. Zworkyn
D. David sarnoff
6. Ilmuwan
yang menemukankomputerpertama kali adalah
A. Alexander Graham Bell
B. Blaise Pascal
C. Charles Babbage
D. David sarnoff
7. Pengolahan
data komputer generasi pertamamenggunakan
A. Integrated Circuit
B. Tabung vakum
C. Transistor
D. Vacum tube
8. Komputer
generasi kedua terjadi pada tahun
A. 1980-1990
B. 1964-1980
C. 1959-1964
D. 1940-1959
9. Komputer generasi kedua terjadi pada tahun
A. 1980-1990
B. 1964-1980
C. 1959-1964
D. 1940-1959
10. Pengolahan
data komputer generasi ke empatmenggunakan
A. Integrated Circuit
B. Tabubg vakum
C. IC/Chip
D. Mikro prosesor
1. Sebutkan pengertian
Informatika
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
2. Sebutkan pengertian komputer
Komputer berasal dari kata Bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung.
3. Jelaskan perkembangan
komputer sebelum tahun 1940
Dahulu manusia masih menggunakan jari untuk menghitung 1 hinggga 10. Setelah itu, manusia mulai mengenal angka yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas mulai 0 hingga 9. Kemudian berkembang lagi dengan menghitung menggunakan abakus (sempoa). Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung mekanika pertama yang beroperasi dengan menggerakkan gir-gir pada roda. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh Wiliam Leibnitz.Tahun 1816 Charles Babbage membuat alat yang disebut 'The Difference Engine' yang dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika. Charles Babbage kemudian membuat balat yang disebut 'The Analytical Engine'. Kedua alat tersebutlah yang menjadi cikal bakal komputer modern saat ini.
4. Jelaskan aspek-aspek
yang terdapat pada ruang lingkup informatika
a. Teori informasi yang mempelajari konsep
matematis dari suatu informasi
b.Ilmu informasi yang mempelajari tentang
cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan
penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara
menyeluruh
c.Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang
pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi
informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.
d.Sistem informasi yang mempelajari mengenai
teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang
ada.
e.keamanan informasi ilmu
yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada
yang ada pada sistem atau komputers.
f. Informatika sosial yang
mengkaji aspek sosial dari TIK dalam perubahan sosial dan organisasional,
penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial
teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik
sosial/kemasyarakatan.
5. Jelaskan
perkembangan komputer sesudah tahun 1940
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vacum (Vacuum tube) yang digunakan untuk memperoses dan menyimpan data. Komputer generasi kedua menggunakan transistor. Komputer generasi ketiga mulai menggunakan IC. Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/Chip untuk mengolah dan menyimpan data. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro.
B. Mengenal lebih dekat perangkat keras komputer
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang sangat penting. Komponen komputer yang dapat kita lihat secara fisik, dapat dipegang
ataupun dipindahkan disebut perangkat
keras komputer atau disebut hardware. Komputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras
(hardware), perangkat lunak (software), dan pemakai komputer (brainware).
Perangkat keras Komputer dapat dibagi menjadi
tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata
datum yang berarti fakta (kenyataan). Data dapat berupa Simbol-simbol,
gambar-gambar, huruf, angka-angka. Perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan (input device), perangkat keras pemroses (processor), dan perangkat keras keluaran (output device).
Perangkat keras
masukan atau Input
device yaitu peralatan yang digunakan untuk memasukan data dan
program dalam bentuk data digital. Peralatan input yang umum digunakan: Keyboard,Mouse, Scanner, Microphone, Webcame
(web camera).
Perangkat keras pemrosesanatau Process deviceadalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait secara
bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Contohnya adalah CPU. CPU (Central Prosesing Unit)
adalah alat proses yang merupakan unit proses utama dan terpenting
dalam komputer. CPU
terdiri dari tiga bagian fungsional: ALU(Arithmetic
Logical Unit), CU(Control Unit), Register. Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalah : Motherboard, Processor, Memory,Hardisk.
Perangkat
keras keluaran atau Output device yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan
data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik atau gambar. Beberapa peralatan output yang umum
digunakan antara lain: Monitor, Printer, Speaker, Proyektor.
Evaluasi
1. Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik, dapat dipegang atau
di pindahkan disebut
A. Braiware
B. Software
C. Hardware
D. Harddisk
2. Di bawah ini yang termasuk komponen komputer yang harus ada di sebuah
komputer, kecuali
A. Proyektor
B. CPU
C. Motherboard
D. Memory
3. Bagian keyboard yang terdiri atas tombol angka yang berfungsi sebagai
kalkulator adalah
A. Function Keys
B. Typing Wrter
C. Kontrol Keys
D. Numeric Keyboard
4. Perangkat komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau
meletakan seluruh rangkaian system komputer disebut
A. Memory
B. Processor
C. Mouse
D. Motherboard
5. Tombol pada keyboard yang kegunaannya untuk mengubah semua huruf
yang diketik menjadi huruf besaradalah
A. Tombol pause
B. Tombol enter
C. Tombol escape
D. Tombol capslock
6. Alat yang fungsinya menampilkan gambar atau
visual hasil pemrosesan data melalui objek lain sebagai media penerima pancaran
adalah
A. monitor
B. printer
C. scanner
D. proyektor
7. Hardware yang digunakan untuk bermain game adalah
A. scanner
B. joystick
C. sound card
D. printer
8. Satuan ukuran memori berikut yang nilainya paling kecil adalah
A. 1 Megabyte
B. 1 Gigabyte
C. 1 Kilobyte
D. 1 Terabyte
9. Perangkat komputer yang mempunyai fungsi mirip dengan mesin fotokopi
adalah
A. scanner
B. mouse
C. keyboard
D. tuas kontrol
10. Di bawah ini perangkat yang berfungsi sebagai otak pemroses dan pusat
pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja
satu dengan lainya adalah
A. harddisk
B. memory
C. motherboard
D. processor
1. Bagian komputer yang merupakan otak komputer adalah?
Processor adalah komponen komputer yang merupakan otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya.
2. Tombol apa saja yang merupakan tombol-tombol khusus pada keyboard?
1. Delete. Delete digunakan untuk menghapus huruf dari depan ke belakang.
2. Page up. Page up digunakan untuk menggerakkan layar ke atas tanpa menggunakan mouse.
3. Page down. Page down digunakan untuk menggerakkan layar ke bawah tanpa menggunakan mouse
4. Insert. Insert digunakan untuk mensisipkan karakter pada posisi kursor.
5. Print screen. Print screen digunakan untuk mengcapture tampilan layar
6. Pause break. Pause break biasanya digunakan pada sistem operasi DOS yang berungsi untuk menghentikan tampilan program berbasis text.
7. End. End digunakan untuk memindahkan kursor pada baris paling belakang.
3. Sebutkanlah istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan mouse
1. Point : menunjuk dengan mouse dengan objek tertentu.
2. Click : menekan satu kali tombol mouse sebelah kiri.
3. Double click : menekan dua kali tombol mouse sebelah kiri (agak cepat).
4. Right click : menekan satu kali tombol mouse sebelah kanan
4. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan alat pemindai
Pemindai (scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
5. Alat penyimpan data yang menggunakan teknologi USB adalah?
Diska lepas USB atau dikenal juga sebagai kandar kilas USB atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.
C. Mengenal lebih dekat dengan perangkat lunak
Perangkat lunak atau peranti
lunak (software)
adalah istilah khusus untuk data
yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh
komputer.
Ada 3 Jenis perangkat lunak, yaitu
sebagai berikut :
oPerangkat lunak sistem operasi (operation system),
yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan
sistem komputer. Contoh perangkat lunka sistem operasi, yaitu Windows, UNIX,
LINUX, dan VMS.
oPerangkat lunak bahasa (language software),
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang
ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh
komputer. Contoh perangkat lunak bahasa, yaitu Visual Basic, Delphi, dan C++.
oPerangkat lunak paket (package software), yaitu
perangkat lunak yang dibuat oleh software house yang berguna untuk
menyelesaikan pekerjaan yang bersifat umum atau standar.Contoh perangkat lunak
paket, yaitu Ms Word yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dan Ms Excel
yang digunakan untuk mengolah berupa angka-angka atau grafik.
Fungsi-fungsi software
tersebut antara lain sebagai berikut:
oSoftware menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang
dapat dibagi menjadi system operasi atau system pendukung
oSoftware sebagai penghubung antara software software yang lain
dengan hardware
oSoftware berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja
secara bersama-sama
oSebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap
instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware
oMengidentifikasi program
Macam-macam Perangkat Lunak
1.Perangkat Lunak Berdasarkan Sumber
a.Close Source
Close source adalah software yang source codenya tidak
dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source
codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis,
lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source.
Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka
software ini tidak open source.
b.Open source
Open source adalah perangkat lunak dimana kode
program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat
dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada
pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau
dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program
dari perangkat lunak tersebut tersedia.
2.Perangkat Lunak Berdasarkan Lisensi
a.Freeware
Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan
tanpa dengan batasan waktu. Contoh : Photoscape,
smadav, winamp, ccleane, OpenOffice.org Writer, tag scanner, zone alarm free
firewall, irfanview, avira, opera.
b.Shareware
Shareware adalah
perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan
fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat
dimanfaatkan secara maksimal. Contoh: Winrar, idm,
microsoft office, coral draw, style xp, nero, real player mtuner, splitter
movie, winzip, mirc.
c.Commercial Software
Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang
dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, atau kepada rekan
pengembang software. Contoh commercial software adalah Corel Draw, Adobe
Photoshop, Microsoft Windows 7, Microsoft Visual Basic NET.
3.Perangkat Lunak Berdasarkan
Perangkat
a.Desktop
Komputer meja (desktop computer) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di
satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel.
b.Mobile Computing
Mobile computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapiperpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis.
c.Cloud Computing.
cloud
computing
(komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi)
dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang
mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer –
komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang
terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Evaluasi
1. Pengertian
dari perangkat lunak adalah
A. Suatu kumpulan beberapa
perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya
B. Alat atau mesin yang
dirancang untuk menerima data
C. Perangkat yang
dapat diraba dan dilihat secara fisik
D. Perangkat yang dapat meneluarkan gambar dan suara
2. Yang
merupakan jenis
perangkat lunak adalah
A. Operation system
B. Input device
C. Output device
D. Brainware
3. Pengertian dari language system adalah
A. Progam yang
ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer
B. Program yang
digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer
C. Perangkat lunak
yang dibuat oleh software house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang
bersifat umum atau standar
D. Perangkat yang
dapat diraba dan dilihat secara fisik
4. Pengertian
dari operation system adalah
A. Perangkat yang
dapat diraba dan dilihat secara fisik
B. Program yang
ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer
C. Program yang
digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instrusksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer
D. Perangkat lunak
yang dibuat oleh software house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang
bersifat umum atau standar.
5. Fungsi perangkat lunak adalah
A. Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap
instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware
B. Sebagai mencetak
suatu data
C. Alat atau mesin yang
dirancang untuk menerima data
D. Perangkat yang dapat meneluarkan gambar dan suara
6. Perangkat
lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras computer,
perawatan, maupun pemrogramannya disebut
A. Program aplikasi
B. Bahasa pemrograman
C. Perangkat lunak sistem
D. Utility Program
7. Software
yang source codenya tidak dibuka untuk umum adalah
A. Input source
B. Door source
C. Open source
D. Close source
8. Perangkat
lunak yangdisediakan oleh pengembangnya
secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan
disebar luaskan adalah
A. Close source
B. Door source
C. Open source
D. Input source
9. Perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis
dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan
kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal adalah
A. Commercial software
B. Sharewere
C. Freewere
D. Openwere
10. Komputer
pribadi yang
ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel adalah
A. Mobile computing
B. Cloud computing
C. Desktop computing
D. Close computing
1. Sebutkan pengertian dari softwere
Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.
2. Jelaskan jenis-jenis dari perangkat lunak
1. Software Sistem
Adalah software yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen yang terpasang pada mesin komputer. Contohnya: Microsoft Windows XP
2. Software Bahasa Pemrograman
Adalah software yang berfungsi sebagai compiler atau interpreter (penerjemah). Contohnya: HTML (Hypertext Markup Language).
3. Software Aplikasi
Ialah software yang digunakan untuk menangani bidang tertentu. Contohnya: Microsot Office Word 2007.
4. Software Utility
Ialah software yang berfungsi untuk membantu kinerja sistem operasi. Contohnya: Avira.
3. Jelaskan fungsi dari softwere
Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama. Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware.
4. Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari close source
Kelebihan :
a) Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi
b) Linux stabil.
c) Linux open source. source code yang disertakannya
d) Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protocol keamanan yang sangat aman.
e) Linux cepat dan jalan terus (keep on running), tidak harus restart saat selesai install aplikasi.
f) Banyak dukungan dan dokumentasi. Linux dan komunitasnya menyediakan milyaran dokumentasi (Read me, HOWTO, Guide Manual,Info)
g) Linux menjunjung tinggi kemerdekaan tiap orang untuk berkreasi.
h) Bebas Virus. Linux itu merupakan like-Unix, dan Unix itu bebas virus.
Kekurangan :
a) Pengoperasi yang sulit.
b) Linux mengeluarkan banyak Distro sehingga membuat user bingung.
c) Tidak ada Game Linux berkualitas sama dengan Game Windows.
d) Masih minimnya Dukungan Hardware dan Driver.
e) Software yang digunakan tidak tersedia di Linux
5. Sebutkan perbedaan antara freewere dengan commercial softwere
Commersial software atau software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersil. Bagi setiap pengguna yang ingin menggunalan software tersebut, ia harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Bisa langsung kepada pengembang software yang mebuatnya. Penguna yang menggunakan software berbayar tersebut, biasanya tidak diilegalkan atau tidak diperbolehkan menyebarluaskan ulang software tersebut.
Contoh software berbayar seperti Adobe Photoshop, Corel, Dsb.
sementara
Freeware atau software geratis merupakan software yang memiliki hak cipta, namun Bagi pengguna yang ingin menggunaka sofware tersebut, dapat diunduh secara geratis dan tanpa batas waktu. Freeware berbeda dengan sheware, sheware mewajibkan bagi para pengguna untuk membayar dalam jangka waktu percobaan atau untuk. Memperoleh fungsi tambahan dari software tersebut. para pengembang perangkat tersebut biasanya membuat perangkat geratis freeware "untuk disumbangkan kepada suatu komunitas" namun developer aplikasi tersebut tatap ingin mempertahankan hak dan memiliki kontrol luas terhadap pengembangan selanjutnya.
Halo semuanya! Selamat datang di blogku. Perkenalkan aku Indira Aisyah Putri yang akrabnya dipanggil Dira dari 8B. Di blog kali ini aku mau cerita mengenai pengalaman aku mengikuti PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di SMP Labschool Jakarta. Seperti yang kita tahu, sudah 2 tahun lamanya kita melakukan pembelajaran secara PJJ, lalu di semester 2 ini kita bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Dan itu membuat saya senang sekaligus gugup. Yang pertama senang, saya senang karena akhirnya bisa bertemu dengan teman-teman saya. Tapi juga gugup karena sempat terpikir di benak saya bagaimana jika ketika saya bertemu dengan teman saya keadaanya menjadi canggung karena selama ini saya selalu berkomunikasi dengan teman-teman saya melalui hp atau smartphone. Tapi Alhamdulillah hal seperti itu tidak terjadi dan kami bisa mengobrol dengan santai. Lalu di PTM ini pun banyak hal baru dimana saya harus cepat beradaptasi, salah satunya jam bangun. Selama pjj saya biasa bangun jam 5, tapi hal itu tidak b...
Sebelum kita ke definisi kolaborasi masyarakat digital, kita harus tahu dulu apa itu kolaborasi dan apa itu masyarakat digital. Kolaborasi adalah kerja sama yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan, masyarakat digital adalah orang-orang yang tumbuh dalam kemudahan akses informasi digital dan teknologi informasi. Jadi, kolaborasi masyarakat digital adalah platform kolaborasi online yang memudahkan penggunanya dalam berkolaborasi melalui gambar, video, dan suara dari manapun dengan mudah, nyaman, dan aman. Lalu apa saja jenis-jenis kolaborasi masyarakat digital? A. Kolaborasi berdasarkan cara pembentukan dan tujuan kolaborasi 1. Kolaborasi tim Kolaborasi tim adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja dengan masing-masing anggota tim mempunyai tugas, batasan waktu, dan tujuan yang sudah dinyatakan dengan jelas. 2. Kolaborasi jaringan Kolaborasi jaringan adalah kolaborasi yang dibangun karena adanya hubungan atau ikatan yang sudah dibangun ter...
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Perkenalkan saya Indira Aisyah Putri dari kelas 8B absen 18. Di blog kali ini saya akan membicarakan tentang suka dan duka selama pembelajaran online. Saat ini kita sedang dalam masa pandemi dimana orang-orang diharuskan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Salah satunya, pembelajaran sekolah yang saat ini dilaksanakan secara online. Selama di rumah saya dapat menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga saya. Karena biasanya kedua orang tua saya bekerja di luar hingga malam. Kakak saya setelah pulang sekolah dilanjutkan dengan les dan baru pulang di sore hari, begitupun dengan saya dan adik saya. Dan biasanya kami hanya bisa berkumpul bersama dari Sabtu sore hingga Hari Minggu. Tetapi di keadaan pandemi ini, kami sekeluarga bisa makan malam bersama yang biasanya tidak bisa kami lakukan. Selain itu, di pembelajaran online kami bisa mendapatkan ilmu dari mana saja. Contohnya seperti media internet. Tidak hanya terpaku dengan buku c...
Terima kasih sudah mengerjkan tugasnya dengan baik
BalasHapus